Baliho Mereka Mengingatkanku

Perjalanan 65 km yang aku tempuh hari ini dari Kota Makassar ke Kabupaten Pangkep membawa saya secara tidak langsung melihat dan mengamati deretan baliho para caleg yang ikut bersaing dalam pemilihan calon legislatif yang tak lama lagi. Ada puluhan bahkan ratusan baliho para caleg mulai dari ukuran jumbo hingga mini bertebaran dan terpasang di sepanjang jalan provinsi yang aku tempuh tadi. Banyak hal yang unik yang aku amati, ada banyak cara yang mereka tempuh untuk memasang baliho-baliho tersebut, mulai dengan cara yang terhormat dengan memasang di tempat-tempat resmi seperti di spanduk center ataupun tempat-tempat yang sejatinya disediakan untuk mereka, di tiang listrik, tiang lampu jalan, di pos-pos ronda bahkan di batang pohon yang tumbuh di sepanjang jalan. Namun mereka seakan lupa untuk berlomba-lomba menampilkan baliho dengan desain yang menarik, ataupun dengan tampilan yang mengesankan.

Hal ini yang kemudian mengingatkan saya ketika saya pun berjuang untuk menjadi ketua badan legislatif di tingkat kampus atau lebih dikenal dengan organisasi MPM atau Majelis Permusyawaratan Mahasiswa.

Saat itu saya bersama tim pemenangan saya juga berjuang untuk membuat dan memasang baliho yang menjadi alat sosialisasi program kami ketika terpilih, berbagai desain baliho kami buat, mulai dari desain dengan tampilan yang biasa-biasa hingga dengan desain layaknya baliho calon presiden.

****

Berikut ini sederet baliho yang memuat gambar saya untuk dimenangkan dalam pertarungan politik mahasiswa di tingkat kampus.

552197_300822476684571_407860166_n

317097_300561303377355_1098667073_n

Sungguh sebuah pengalaman yang mengesankan bagiku. Ternyata untuk memenangkan sebuah pertarungan politik dengan media perjuangan melalui baliho amatlah dibutuhkan kreativitas tinggi, baliho dengan tampilan yang baik cenderung akan mengesankan bahkan menjadi sebuah indikasi keseriusan kita. Namun hal ini sepertinya masih luput dari mereka para caleng yang bersaing, baliho yang mereka tampilkan beberapa terkesan di buat dengan setengah hati.

****

416859_300229326743886_695504112_n

Padahal baliho yang dikerjakan dengan sebaik mungkin tentunya meninggalkan kesan akan keseriusan si pemilik baliho dalam perjuangannya untuk memenangkan dirinya. Artinya masyarakat tentu akan berasumsi bahwa mereka yang serius dalam perjuangannya sebuah kepastian bahwa merekapun akan serius ketika memenangkan pertarungan itu, karena sebuah perjuangan yang akan sia-sia ketika sudah dimenangkan dengan penuh kesungguhan  lalu kemudian tidak serius dalam mengemban amanah yang mereka dapatkan.

560676_300807080019444_1070818801_n

Akhirnya, asumsi pribadi saya menyimpulkan bahwa terlepas dari kualitas calon yang ada dalam baliho tersebut memang baik, tim pemenangan atau tim sukses yang kuat, tampilan baliho yang baik juga akan berpengaruh terhadap kemenangan seseorang dalam sebuah pertarungan politik seperti ini.

Saya kemudian berani mengatakan demikian, karena kemenangan yang saya dapatkan dalam pertarungan menduduki posisi ketua MPM saat itu, murni karena ketiga hal tersebut dan tentunya atas izin Tuhan YME.

Dan yang terpenting bahwa sebuah jabatan bukanlah sebuah kebebasan berkehendak akan tetapi jabatan adalah sebuah amanah untuk melayani orang-orang yang dipimpinya dengan sebaik-baiknya.

****

logo KC


.

Tinggalkan Balasan

