Buat Apa Pendidikan Tinggi

“Makin tinggi jenjang pendidikan seseorang maka makin tinggi kecendrungan bekerja pada pekerjaan yang diciptakan orang”

pendidikan tinggiYah, itulah yang diungkapkan pemateri pertama dalam kegiatan Workshop Pemanfaatan IPTEK Pemuda (Teknopreneur) KEMENPORA RI @ Hotel Clarion – Makassar yang detik ini masih berlangsung dan saya ikuti.

Ternyata berdasarkan hasil penelitian di temukan bahwa ada kecendrungan mereka yang berpendidikan tinggi cendrungan bekerja pada pekerjaan yang diciptakan orang. Mengapa demikian? Jawabnya sederhana karena mereka yang berpendidikan tinggi memiliki rasa optimis untuk diterima bekerja di tempat kerja yang dimiliki orang lain, olehnya itu ia cenderung mengadu nasib di tempat kerja tersebut, sedangkan mereka yang berpendidikan rendah memiliki rasa pesimis untuk dipekerjakan di tempat kerja orang lain karena merasa pendidikannya rendah dan olehnya itu ketika ia hendak bekerja dia harus membangun pekerjaan sendiri. Alhasil inilah kemudian yang menjadi kekuatan mereka untuk sukses. Mereka yang berpendidikan rendah bisa lebih potensial untuk sukses dibanding dengan mereka yang berpendidikan tinggi karena mereka berangkat dari status pemilik pekerjaan bukan pekerja.

So, Buat apa pendidikan tinggi? Yah buat mengalahkan mereka yang berpendidikan rendah. Karena permasalahan yang sesungguhnya adalah bahwasanya di masyarakat telah terjadi pergeseran persepsi dari sebuah tujuan seseorang harus berpendidikan tinggi. Dalam artian, persepsi orang yang berpendidikan rendah semestinya dimiliki orang berpendidikan tinggi dan begitupun sebaliknya.

Artinya, seseorang dituntut berpendidikan tinggi agar mampu membuat lapangan pekerjaan untuk mereka yang berpendidikan rendah.

****

logo KC

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s