Malam Ganjil Dan Genap, Antara Ada Dan Tiada Dalam Ramadhan Kali Ini

full_moon4Malam-malam ganjil di sepuluh malam terakhir di bulan ramadhan menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh mereka yang meyakini akan datangnya Lailatur Qadar di malam-malam tersebut. Lailatul Qadar atau lebih dikenal dengan malam yang lebih mulia dari seribu bulan menjadi kesempatan berharga untuk bermunajat kepada Allah SWT.

Namun ramadhan kali ini atau pada tahun ini, menjadi sebuah hal yang unik dan perlu dicermati. Adanya perbedaan pendapat dalam penentuan satu ramadhan membuat beberapa kelompok ummat islam tidak secara serentak memulai satu ramadhan hingga pada akhirnya malam-malam ganjil sulit untuk ditentukan. Bagaimana tidak, kelompok A yang lebih dulu memulai puasa bisa saja meyakini malam ini sebagai malam genap, dan kelompok B meyakini sebagai malam ganjil, kemudian keesokan harinya, kelompok A meyakini malam ganjil namun kelompok B meyakini malam genap.

Inilah menjadi sebuah fenomena akibat adanya perbedaan pendapat antara kelompok dalam ummat islam. Jadi, bisa saja malam-malam ramadhan menjadi malam genap semua atau justru menjadi malam ganjil semua. Mungkin ini sebuah hal yang perlu didalami dan dipahami secara baik.

So, sandarkan pada keyakinanmu, dan banyak-banyaklah bertanya kepada mereka yang lebih tau (tanya pak udstadz).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s